Manfaat buah semangka

Manfaat buah semangka,manfaat buah tomat,manfaat buah alpukat,manfaat buah pepaya,manfaat buah pisang,manfaat buah melon,manfaat buah mangga,manfaat buah rambutan,tanam semangka,semangka untuk ibu hamil,kulit semangka,klasifikasi semangka,kandungan semangka,khasiat semangka,semangka kotak,manfaat buah apel,budidaya tanaman semangka
Manfaat buah semangka, Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus.
Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Manfaat Semangka Untuk Tubuh

Manfaat Buah Semangka ini sangat banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat menemani program diet anda karena buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan air yang cukup banyak. 
  2. Sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisasikan tekanan darah di dalam tubuh kita.
  3. Dapat mempergiat kerja jantung. 
  4. Dapat membantu tubuh kita tetap sehat karena mengandung antioksidan (betakaroten dan vitamin C). 
  5. Dapat merangsang keluarnya air seni lebih deras. 
  6. Dapat menurunkan demam. 
  7. Dapat mencegah sariawan dengan cepat.
Di atas adalah beberapa manfaat buah semangkan bagi kesehatan tubuh kita. Bagi anda yang memiliki beberapa masalah kesehatan seperti di atas, alangkah baiknya jika anda mulai sekarang mengkonsumsi buah semangka ini untuk meminimalisir penyakit yang anda.


1. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

2. Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat buah semangka dalam menjaga kesehatan ginjal yaitu karena adanya kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

3. Antioksidan
Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

4. Mencegah sariawan
Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

5. Alternatif makanan rendah gula bagi penderita diabetes
Meskipun buah semangka manis, namun ternyata mengandung gula yang relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.


Selain manfaat buah semangka di atas, buah semangka juga sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu yang sedang hamil, diantaranya adalah sebagai berikut : 
  1. Dapat mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu yang sedang hamil. 
  2. Berfungsi untuk penambah cairan di dalam tubuh, karena buah semangka kaya akan kandungan airnya. 
  3. Mencegah terjadinya kram otot. Hal ini sering terjadi pada kehamilan trisemester pertama. 
  4. Mengurangi rasa panas pada perut ibu yang sedang hamil. 
  5. Dapat membantu perkembangan otak, penglihatan dan sistem imun pada bayi.
  6. Nah, anda tentu sudah mengetahui pentingnya dan manfaat buah semangka ini. Untuk itu konsumsi buah semangka juga perlu untuk menjaga kesehatan tubuh kita.


Manfaat buah semangka,manfaat buah tomat,manfaat buah alpukat,manfaat buah pepaya,manfaat buah pisang,manfaat buah melon,manfaat buah mangga,manfaat buah rambutan,tanam semangka,semangka untuk ibu hamil,kulit semangka,klasifikasi semangka,kandungan semangka,khasiat semangka,semangka kotak,manfaat buah apel,budidaya tanaman semangka