Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Untuk Pelembab wajah

Kandungan zat linoleic acid mampu menjaga air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit yang kering dan mulai berkeriput. Caranya Oleskan pada wajah sembari dipijit ringan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk penyubur rambut

Minyak zaitun bisa membantu menyuburkan rambut supaya rambut lebih hitam dan lebat. Caranya cukup dicampurkan dengan shampo yang anda pakai kemudian dibilas sampai bersih.

Merawat kesehatan kulitCaranya dengan mengoleskan minyak zaitun ketika mandi. Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya.

Untuk Merawat Tangan dan kukuCaranya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan air hangat untuk merendam tangannya 1 minggu sekali. Kebiasaan ini membuat kulit tangan dan sekitar kukunya lembut.

Untuk Perawatan Kaki

Kaki pecah-pecah atau kasar bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun. Caranya denga mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan dipagi harinya. Bisa dilakukan pada tangan. Lakukan secara rutin selama satu bulan untuk hasil maksimal.

Untuk Kulit Tubuh

Caranya dengan mencampur minyak zaitun dengan garam kasar, untuk membuat scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah.


Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi sehingga akan menurunkan resiko Penyakit Jantung. Cukup dengan minum 2 sendok setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung.

Mampu Melawan Kanker

Minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker ; asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor.

Menghilangkan Artritis

Minyak zaitun mengandung Prostaglandin yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari dan akan membuat antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Atau dengan mengoleskan minyak zaitun pada nyeri otot atau nyeri sendi.

Mencegah Diabetes

Kandungan minyak zaitun berupa lemak tak jenuh tunggal. Sehingga minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2.

Menghentikan Rasa Nyeri

Kandungan oleokantal dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.

Mencegah Pikun

Kandungan Asam lemak tak jenuh tunggal dalam Minyak Zaitun berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

Mencegah Osteoporosis

Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang.

Minyak Zaitun bisa kita manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan kita dalam kehidupan sehari-hari. Cara dan aturan pakainya akan lebih baik kita kenali terlebih dahulu secara mendalam, supaya manfaat yang maksimal dapat kita dapat secara memuaskan. Semoga manfaat minyak zaitun diatas bisa bermanfaat bagi anda.


manfaat minyak zaitun untuk kesehatan,manfaat minyak zaitun untuk jerawat,rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan,manfaat minyak zaitun untuk wajah,manfaat minyak zaitun untuk rambut,cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut,manfaat minyak zaitun untuk kecantikan,kandungan minyak zaitun