Kandungan Kalori & Manfaat Kacang Mete

Kandungan Kalori & Manfaat Kacang Mete, Kacang mete, tentu nama ini tidak asing lagi ditelinga kita. Sering terdapat didalam olahan coklat, kue, masakan, hingga puding dan minuman. Selain rasanya yang enak dan gurih, kacang ini paling diminati. Untuk soal harga, kacang ini tergolong kedalam kacang yang lumayan mahal. Namun meskipun begitu, peminat kacang ini memang tidak pernah surut.

Terbukti pada setiap gerai yang menjual kacang ini serta banyak ditemukan dalam coklat ataupun kue-kue. Namun pada umumnya bagi sebagian orang, mengkonsumsi kacang-kacangan memang sangat identik dengan yang namanya jerawat atau membuat tubuh jadi gemuk. Tetapi tidak semua kacang berakibat seperti itu.
Kacang mete dianggap sebagai makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah moderat, kacang mete bisa menjadi snack yang menyehatkan.

Kacang mete merupakan sumber protein dan serat yang baik. Lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh tunggal, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang mete juga kaya akan kalium, zinc, asam folat, selenium, dan vitamin B.

Kalori yang terkandung dalam kacang mete sangat bervariasi, tergantung dari bagaimana kacang mete diolah.

Berikut adalah kandungan kalori dan nutrisi lain pada berbagai makanan dari kacang mete.


Kalori yang terkandung dalam setiap kacang mete yang dipanggang kering adalah sekitar 8 kalori. Setiap porsi penyajian yang terdiri atas 20 biji kacang mete mengandung sekitar 162 kalori.

Selain kalori, setiap porsi kacang mete panggang kering mengandung lemak sekitar 13,4 gr, karbohidrat 8,4 gr, serta serat sekitar 0,9 gr. 

2. Kacang Mete Panggang Berminyak 

Setiap kacang mete panggang berminyak mengandung sekitar 9 kalori. Setiap porsi penyajian berisi 20 biji kacang mete mengandung lemak lebih dari 14 gr, karbohidrat lebih dari 10 gr, dan serat kurang dari 1 gr.

3. Kacang Mete Mentah

Satu kacang mete metah mengandung sekitat 8 kalori. Satu porsi penyajian (20 biji kacang mete) mengandung sekitar 9,1 gr karbohirat, 13 gr lemak, dan 1 gr serat.

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Jantung

Sekitar 75 persen lemak kacang mete berasal dari lemak tak jenuh atau asam oleat. Asam oleat bisa ditemukan juga pada minyak zaitun.

Asam oleat baik untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kacang Mete dapat Mengurangi Risiko Batu Empedu

Dengan hanya mengonsumsi 1 ons kacang mete atau kacang tanah dalam sehari, maka Anda dapat mengurangi risiko terjadinya batu empedu sekitar 25 persen.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi segenggam kacang tanah, 20 biji kacang mete, atau 2 sendok makan mentega kacang mete


Kacang mete pada dasarnya tinggi protein dan serat, serta rendah karbohidrat. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya membantu melindungi jantung. Kacang mede juga menjadi sumber kalium, vitamin B, dan folat. Sejumlah magnesium, fosfor, selenium, dan tembaga, juga terkandung dalam kacang yang sering dinikmati sebagai snack, cokelat, maupun hidangan seperti sapo ini. Banyak yang tidak tahu bahwak hasiat kacang mete bisa mengatasi beberapa gangguan berikut :

* Mencegah pilek dan flu
Makan 1/2 cup kacang mete memberikan 33% Angka Kecukupan Gizi (AKG) zinc, mineral yang terbukti berkhasiat memfortifikasi sistem imunyang bekerja terlalu keras. Para periset di Cleveland Clinic menemukan, zinc memberantas virus pilek, mengurangi durasi infeksi sampai 57%.

* Mengatasi perasaan marah
Makan segenggam kacang mete memberikan campuran magnesium dan asam amino tryptophan yang dapat membangkitkan semangat. Keduanya meningkatkan produksi zatkimia yang menimbulkan rasa senang: serotonin. Para periset Swiss menemukan, nutrien ini sama efektifnya dengan obat dalam memerangi rasa sedih.

* Melindungi kulit dari stres
Satau saji kacang mete mengandung 40% AKG copper. Nutrien ini memacu melanin, pigmen penting untuk kulit dan rambut bersinar. Copper juga meningkatkan pertahanan antioksidan terhadap radikal-radikal bebas penyebab kerut dan menstimulir produksi kolagen dan elastin yang menghaluskan kulit.

* Mencegah gigi berlubang
Menurut sebuah laporan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, salah satu manfaat kacang mete dalam zat anacardic acid yang terkandung didalamnya dapat membunuh bakteri yang mengikis email gigi dan menyebabkan bau mulut.