Manfaat dan kandungan biji selasih

Manfaat dan kandungan biji selasih. Anda tentu tidak asing dengan biji warna hitam kecil dan dikelilingi warna putih bening diluarnya. Ya… biji tersebut adalah selasih yang besarnya seukuran wijen. Selasih biasanya digunakan untuk campuran minuman dingin sebagai pelengkap.

Jika ingin membut sendiri Biji selasih , bisa dibuat dari bunga daun kemangi yang telah kering.
Saat bunga kemangi kering, dia akan mengeluarkan biji-biji berukuran kecil warna hitam. Untuk mendapatkan selasih, biji tersebut direndam dengan air dan akan muncul selaput putih bening dipinggiranya.

Biji selasih sendiri berasal tanaman Basil Thailand, dan diperkenalkan oleh orang India. Basilikum atau Ocimum adalah golongan tanaman yang dimanfaatkan daun , bunga dan bijinya sebagai rempah-rempah sebagai penyegar (tonikum).

Kandungan Biji Selasih

Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.

Manfaat Biji Selasih

Dalam dunia kesehatan, biji selasih pun mempunyai banyak manfaat. Menurut Prof. hembing ahli tanaman, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan ( sedative ) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisah, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat bermanfaat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupunpanas dalam. Masih ada lagi, selasih juga mempunyai efek farmakologis merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang (antispasmodic ), peluruh keringat ( diaforetic ), menghilangkan rasa sakit ( analgetic ), peluruh kemih ( diuretic ), menurunkan demam ( antipirotic ), membersihkan racun dan meningkatkan sistem imun.

Manfaat biji selasih yang lain :

  1. Mengatasi Radang LambungCaranya : Rebus 5 gram biji selasih dengan 200cc air, tambahkan 1 sendok makan madu. Selagi hangat minum 2 kali sehari. Masing - masing 100cc.
  2. Menghaluskan Kulit WajahCaranya : Haluskan hingga menjadi bubuk biji selasih secukupnya, tambahkan air dingin secukupnya dan balurkan ke kulit wajah diamkan beberapa saat. lkukan 1 kali sehari untuk hasil maksimal.
  3. Menyembuhkan Sakit GigiCaranya : Rebus 10 g biji selasih, 4 butir cengkeh dengan air secukupnya. Selagi hangat minum air rebusan tersebut.
  4. menyembuhkan sakit KepalaCaranya : Rebus 5 g biji selasih, 15 g jahe dan 15 buah angco ( bisa di beli di toko makanan cina ) dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya, dan makan biji selasih bersama angconya.
  5. Mengatasi Sering GugupCaranya : Seduh 5 g biji selasih dengan 200 cc air panas, kemudian minum airnya setiap hari. Sekali minum 2 sendok teh.