Manfaat dan kandungan buah manggis

Manfaat dan kandungan buah manggis. Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrim, selatan Florida.


Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tumbuh (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hampir putih di bawah kanopi. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6-8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.

Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang. Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.

Manggis Garcinia mangostana L merupakan buah yang enak dimakan dengan rasanya yang khas. Namun buah manggis tidak hanya enak di makan, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kandungan manfaat pada buah manggis terdapat hampir di seluruh buah, mulai dari kulit, daging buah, hingga bijinya. Maka tak heran jika buah tersebut di juluki sebagai Queen of Fruits.

Daging buah manggis bertekstur lembut, putih, dan halus. Rasa buah yang manis tersebut tersembunyi di balik kulit buah yang tebal. Selain daging buahnya yang manis di lidah, buah manggis juga dikenal karena manfaat kulit buahnya. Maka dari itu anda bisa menyimak manfaat dari buah manggis dan kulitnya di bawah ini.

Manfaat Buah Manggis:
    1. Mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.
    2. Menyembuhkan dan juga mencegah penyakit kanker.
    3. Menurunkan tekanan darah tinggi.
    4. Menurunkan kadar kolesterol.
    5. Mencegah obesitas dan menurunkan berat badan.
    6. Melawan radikal bebas.
    7. Menambah stamina dan daya tahan tubuh.
    8. Mengobati penyakit batu ginjal.
    9. Mencegah tumbuhnya sel-sel penyakit leukemia.
    10. Melancarkan pencernaan karena buah manggis kaya dengan serat.
    11. Mengatasi ganguan pernafasan.
    12. Mengatasi gangguan penglihatan seperti katarak.
    13. Menyembuhkan penyakit asma.