Manfaat dan kandungan kulit pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir.
Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.
Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.

Siapa yang tak mengenal buah pisang? Buah berwarna kuning cerah ini memiliki rasa yang khas dan istimewanya bisa mengganjal perut sebab kaya akan karbohidrat sehat. Pisang termasuk salah satu buah yang mudah dijumpai di mana-mana. Indonesia memang Negara tropis dan buah pisang adalah salah satu komoditas tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis. Karena melimpah, buah pisang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Khasiat pisang tak hanya sebagai sumber karbohidrat tetapi juga sumber vitamin, serat dan juga beta karoten. Kabarnya, konsumsi 1 pisang sehari akan menjauhkan Anda dari serangan jantung! Buah pisang memang istimewa! Tak hanya dagingnya saja, ternyata kulit buah pisang pun tak kalah menakjubkan. Jika selama ini Anda hanya menganggapnya sampah, mulai saat ini Anda harus berpikir ulang. Sebab manfaat kulit pisang cukup beragam dan telah teruji secara klinis. Tak percaya? berikut uraiannya.


Sebelum membedah manfaat kulit pisang, tak ada salahnya memahami senyawa apa saja yang terdapat di dalam kulit yang sering dianggap limbah tersebut. Secara umum, kulit pisang banyak mengandung karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, anti-oksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, beragam vitamin B kompleks di antaranya vitamin B6, minyak nabati, serat, serotonin dan banyak lagi lainnya. Semua komponen senyawa ini memiliki beragam khasiat yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, kupit pisang juga ternyata bisa menjadi sumber energi alternatif! Wow!


Mencermati kandungan zat aktifnya yang cukup kompleks, adalah sangat wajar jika kemudian kulit pisang juga memiliki beragam manfaat. Berikut beberapa manfaat kulit pisang yang dikutip dari berbagai sumber:

  • Sebagai penambah mood. Tahukah Anda bahwa kulit pisang kaya akan zat serotonin. Zat ini bertanggungjawab atas rasa bahagia dalam tubuh manusia. Dan dengan rutin mengkonsumsi kulit pisang, akan membantu Anda lebih rileks dan bahagian tentunya. Di luar negeri, smooties pisang selalu bercampur bersama kulit. Sementara di Indonesia, smoothies pisang hanya berupa daging pisang yang dihaluskan.
  • Sebagai pereda nyeri. Kulit pisang mengandung sejumlah minyak nabati juga sneyawa tertentu yang sangat baik meredam rasa nyeri. Caranya cukup mudah, tenpekan kulit pisang yang sudah dibersihkan dan juga masih dalam keadaan segar pada bagian tubuh Anda yang mengalami rasa nyeri karena terbakar atau tergores benda tajam.
  • Mengatasi rasa gatal. Jika Anda sering merasakan gatal akibat gigitan serangga dan juga semut, gunakan kulit pisang. Cukup tempelkan di permukaan kulit yang gatal.
  • Mengusir kutil pengganggu. Kutil memang biasanya kecil, tapi tetap saja mengganggu. Hal ini bisa Anda atasi dengan kulit pisang. caranya cukup tempelkan kulit pisang pada kutil, tahan lalu rekatkan dengan plaster dan biarkan selama mungkin. Lakukan hal ini sampai kutil berhenti tumbuh dan hilang sepenuhnya dari kulit.
  • Mempercepat penyembuhan luka. Jika And apunya luka yang sudah tertutup lapisan kulit menghitam dan tampak mengganggu, cukup tempelkan kulit pisang agar lapisan kulit hitam tersebut segera hilang tanpa bekas.
  • Melenyapkan sakit kepala. Caranya, cukup haluskan kulit pisang dan tempel pada bagian kepala seperti mengkompres. Dalam beberapa waktu, sakit kepala Anda akan hilang.
  • Melenyapkan jerawat. Caranya sama seperti yang lain. Cukup ditempelkan. Bisa juga dihaluskan dan kemudian dibuat seperti masker. Gunakan di malam hari.
  • Sebagai sumber tenaga alternatif. Penelitian terbaru membuktikan kulit pisang mengandung tenaga listrik sehingga bisa menjadi tenaga batu batre. 
  • Sebagai pakan hewan ternak. Manfaat ini sudah banyak diketahui tentunya.
  • Menyuburkan tanah. Ia bisa berperan sebagai pupuk kompos. Caranya, cukup taruh di tanah yang hendak Anda sehatkan.
  • Pengganti semir sepatu. caranya cukup mudah, kupas kulit pisang dan gunakan kulit tersebut ke sepatu Anda.
  • Sebagai penjernih Air dan minyak. Kulit pisang yang paling baik adalah jenis pisang emas. Caranya, cukup masukkan ke dalam air dan juga minyak yang hendak dijernihkan.
  • Untuk dikonsumsi. Tahukah Anda bahwa saat ini telah banyak dikembangkan tepung terigu bernbahan dasar kulit pisang khususnya pisang ambon? Kualitasnya, tak kalah dibandingkan jenis tepung lainnya.