Manfaat daun salam

Manfaat daun salam. Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering atau pun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang.  Rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras. Di pasar dan di dapur, salam kerap dipasangkan dengan laos alias lengkuas.

Kayunya berwarna coklat jingga kemerahan dan berkualitas menengah. Kayu yang tergolong ke dalam kayu kelat (nama perdagangan) ini dapat dipergunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Kulit batang salam mengandung tanin, kerap dimanfaatkan sebagai ubar (untuk mewarnai dan mengawetkan) jala, bahan anyaman dari bambu dan lain-lain. Kulit batang dan daun salam biasa digunakan sebagai bahan ramuan tradisional untuk menyembuhkan sakit perut. Buah salam dimakan orang juga, meski hanya anak-anak yang menyukainya

Berikut ini adalah artikel kesehatan tentang manfaat daun salam untuk obat, serta khasiat dari daun salam bagi kesehatan tubuh manusia. Daun yang satu ini pastinya tidak asing lagi buat ibu rumah tangga, selain buat bumbu dapur ternyata daun salam menyimpan banyak manfaat sebagai obat beberapa penyakit, dan juga bisa digunakan sebagai penurun berat badan, ok langsung saja simak berikut khasiat daun salam untuk kesehatan dan pengobatan.

  • Kalori
  • Karbohidrat dan serat
  • Mineral
  • Vitamin A, B-6, B-9,C
Beberapa manfaat dari daun salam antara lain :

Untuk Mengobati Penyakit diare

Ambil 20 lembar daun salam kemudian cuci bersih.Rebuslah daun salam dengan 2 liter air, tambahkan 2 sendok garam biarkan mendidih.Minumlah ramuan tersebut selama masih hangat .Dan lakukan secara rutin selama masa pengobatan.

Daun Salam Untuk Mengobati sakit maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang sering di jumpai di sekitar kita.Ternyata dari beberapa manfaat daun salam bisa mengobati sakit maag.


Caranya : Ambil 15 lembar daun salam kemudian cuci bersih.Rebuslah daun salam dengan 2 liter air, tambahkan gula aren selama 15 menit.Biarkan ramuan tersebut sampai dingin.Minumlah setiap hari sampai perih lambung hilang.



Selain mengobati maag dan diare manfaat daun salam lainya dapat menurunkan kolestrol.Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat beresiko penyakit jantung.


Caranya : Ambil 15 lembar daun salam kemudian cuci bersih.Rebuslah daun salam dengan 3 gelas biarkan mendidih sampai air daun salam tersisa 1 gelas.

Daun salam untuk diet dan cara meraciknya

Bahan :

- Kurang lebih 30 lembar daun salam

- 2 gelas air bersih


Cara membuatnya :

- Rebus 2 gelas air dan setelah mendidih masukkan daun salam

- Masak hingga air yang digunakan untuk merebus tinggal setengahnya

- Lalu angkat dan sajikan ketika sudah dingin.