Kandungan dan Manfaat Buah Melon

Kandungan dan Manfaat Buah Melon
Kandungan dan Manfaat Buah Melon  Buah Melon berasal dari Timur Tengah dan secara bertahap mengalami penyebaran hingga ke benua Eropa. Melon di Indonesia mudah didapatkan dengan harga terjangkau dan bisa dinikmati semua kalangan.tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.


Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe: bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik. Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta jika mungkin, harum

Nah, berikut penjelasan tentang kandungan nutrisi buah melon dan juga beberapa manfaat Melon buat kesehatan yang bisa kita ketahui.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Selain memiliki rasa yg segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
  • - Karbohidrat 14,8 gr
  • - Protein 1,55 gr
  • - Lemak 0,5 gr
  • - Potassium 546,9 mg
  • - Vitamin A 5.706,5 IU
  • - Vitamin C 74,7 mg

Manfaat Kesehatan Buah Melon

Dengan kandungan nilai gizi yg cukup lengkap, maka gak heran kalo buah melon jadi salah satu buah pilihan yg digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti:

* Menjaga Kesehatan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yg berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

* Terlihat Awet Muda
Pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yg sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

* Menu Diet yg Menyegarkan
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yg bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat kamu lagi berdiet.

* Mencegah Penyakit Kanker
Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yg lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid.
Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yg tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

* Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yg dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

* Mencegah Impotensi (Disfungsi Ereksi)
Nah, yg bermasalah dengan kehidupan seks, sebaiknya segera mengonsumsi buah melon ini. Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yg disebut dengan citrulline yg dapat memproduksi arginine.
Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yg menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yg memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

kandungan buah melon,jenis buah melon,cara bertanam melon,manfaat melon bagi kesehatan,cara budidaya buah melon,manfaat buah melon,buah pepaya,buah melon untuk ibu hamil