Manfaat dan kandungan buah anggur

 Manfaat dan kandungan buah anggur
Manfaat dan kandungan buah anggur. Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.
Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia

Kandungan Gizi yang terdapat pada buah anggur
  1. Buah Anggur bisa dikelompokkan pada jenis tanaman obat, penggolongan ini didasari karna buah angur kaya akan unsure-unsur yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam tanaman buah angur memiliki senyawa polifenol serta senyawa resveratol. Kedua senyawa tersebut ikut serta, dan sangat berperan pada system kegiatan metabolism.
  2. Senyawa Polifenol dan senyawa resverator juga berperan penting terhadap pencegahan terjadinya sel-sel kanker serta penyakit-penyakit lainnya. Selain itu buah yang tergolong di family vitacaee ini juga mempunyai kandungan senyawa antioksida, senyawa antioksida itu sendiri berfungsi sebagai senyawa yang mampu menjadi tameng dari adanya radikal bebas yang ada pada tubuh kita.
 Beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan antara lain : 

1.Melindungi tubuh dari infeksi
Kandungan Antivirus dan antibakteri dalam buah anggur dapat memberikan perlindungan tubuh dari infeksi.

2. Baik untuk penderita asma
Buah anggur memiliki kekuatan assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini tentu baik untuk penderita asma karena bisa menurunkan masalah sesak napas.

4. Melindungi mata dari penyakit katarak
Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas antara lain penyebab katarak

5. Mencegah kanker payudara dan migrain
Kebiasaan mengkonsumsi jus anggur dapat menurunkan resiko tubuh dari terjangkit kanker payudara. Konsumsi jus anggur murni tanpa campuran air juga bermanfaat untuk mengobati migrain.

6. Mengobati susah buang air besar
Kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pencahar, sehingga konsumsi buah anggur dipercaya dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit.

7. Menurunkan resiko penyakit jantung
Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya kadar oksida nitrat dalam tubuh, dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yg dapat menghambat pembuluh darah.

8. Menghilangkan gangguan pada pencernaan tubuh dan ginjal.
Mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal. Sehingga kesehatan ginjal dapat terjaga.

9.Mengontrol tingkat kolesterol darah
Pterostilbene adalah senyawa dalam buah anggur yang bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah, Selain itu, Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

Nah sekian dulu pembahasan singkat mengenai manfaat dari buah anggur serta kandungan yang terdapat di dalam buahnya. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan bermanfaat untuk anda.